cara menghilangkan bekas luka
Kecantikan Kesehatan

Cara Ampuh Menghilangkan Koreng Bekas Luka

Mempunyai koreng maupun bekas luka pada bagian tubuh tertentu pasti sebal serta mengganggu penampilan. Terlebih jika beberapa bekas luka yang ada kemudian menjadi menghitam. Kondisi yang demikian biasanya agak sulit untuk dihilangkan. Namun, ada kabar baiknya, yaitu ada beberapa perawatan yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bekas koreng.

cara menghilangkan bekas luka
cara menghilangkan koreng

Tidak bisa dipungkiri jika setiap orang pasti pernah mengalami maupun memiliki luka pada bagian tubuh. Luka bisa terjadi pada tubuh karena trauma maupun kecelakaan, luka bakar, maupun pun luka pasca operasi. Koreng maupun scar adalah suatu reaksi alami pada tubuh untuk melindungi bagian kulit yang terluka dari segala kemungkinan terjadinya infeksi pada luka. Bekas luka seperti koreng merupakan bagian alami dari proses penyembuhan. Saat kulit terluka, maka tubuh akan memproduksi banyak protein yang biasa disebut dengan kolagen. Kolagen inilah sebagai bagian dari proses penyembuhan. Biasanya, dalam proses penyembuhan luka, maka kolagen memiliki peran untuk menggantikan jaringan yang sudah rusak. Walaupun bersifat permanen, koreng yang berbekas dapat memudar dengan kurun waktu sampai dua tahun.

Namun ada kalanya koreng maupun jaringan bekas luka yang terbentuk pada bagian tubuh bisa menimbulkan keluhan berupa gatal serta mengganggu dari sisi keindahan. Pada kondisi yang demikian, makaAnda tidak direkomendasikan untuk menggaruk maupun mengelupaskan koreng karena dapat mengganggu proses penyembuhan secara alami dari kulit serta bisa memicu infeksi. Oleh karennya, jagalah bekas luka maupun koreng supaya tetap bersih.

Untuk menghilangkan bekas koreng, ada usaha yang harus anda lakukan. Diantara usaha cara menghilangkan bekas luka yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Suntikan kortikosteroid.
  • Suntikan kortikosteroid merupaka suntik yang digunakan untuk mengobati beberapa keloid serta bekas luka jenis hipertrofik. Kortikosteroid akan disuntikkan pada bekas luka untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi serta untuk meratakan bekas luka. Pada umumnya, suntikan kortikosteroid akan diberikan sebanyak tiga kali dengan jangka waktu 4 sampai 6 minggu. Walaupun tidak dapat menghilangkan bekas luka sepenuhnya, tetapi perawatan ini dapat memperbaiki penampilan dari bagian tubuh yang mengalami bekas luka.

  • Gel silikon.
  • Gel silicon biasanya digunakan untuk mengurangi kemerahan sera mengurangi bekas luka hipertrofik maupun keloid. Supaya efektif, gel maupun lembaran silikon harus ditempatkan pada bagian atas bekas luka minimal 12 jam sehari, dan dilakukan selama tiga bulan. Anda bisa meminta bantuan dokter umum, dermatolog maupun dokter spesialis kulit atau bisa juga meminta tolong apoteker untuk memperoleh saran lebih lanjut mengenai berbagai perawatan dalam menggunakan silicon untuk luka yang bisa menyebabkan jaringan parut.

    Baca : obat jerawat

    Sekarang anda sudah tahukan bagaimana cara mengatasi bekas luka. Jika anda memiliki luka bakar, maka anda bisa mengobatinya dengan salep luka bakar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *