cream pemutih wajah
Kecantikan

Kenali Cream Pemutih Wajah Yang Aman Untuk Digunakan

Satu cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya keriput yaitu salah satunya dengan cara menggunakan krim pemutih wajah. Para ahli sebenarnya mengatakan jika Anda tidak perlu untuk menghabiskan banyak uang hanya untuk memilih dan menentukan produk kosmetik krim wajah yang mahal.

cream pemutih wajah
bahan cream pemutih wajah

Di antara produk krim wajah yang mahal serta yang biasa saja mempunyai kandungan bahan pendukung yang hamper sama, dengan manfaat serta efektivitas yang juga hamper sama.

Kandungan pada Krim Wajah Antipenuaan

Krim wajah anti penuaan dini biasanya memiliki kandungan retinoid yang memiliki peran dalam mengurangi garis garis kerutan pada wajah. Lalu, bagaimana cara kerja retinoid ini? Cara kerja retinoid sederhana saja yaitu dengan meningkatkan proses pergantian sel pada kulit. Selain mengandung retinoid, dalam krim wajah juga mengandung kolagen.

Berikut ini kandungan yang umum ada pada krim pemutih wajah selain retinoid dan kolagen. Simak penjelasan berikut ini.

  1. Retinol
  2. Retinol merupakan retinoid dengan versinya yang lebih ringan. Retinol adalah turunan dari vitamin A yang sangat efektif untuk menghambat penuaan pada kulit. Pengaruh dari penggunaan retinol ini yaitu perbaikan tekstur kulit, memperbaiki penyumbatan pori-pori, menyamarkan bintik-bintik coklat halus, serta mengurangi keriput. Tetapi anda yang menggunakan krim wajah dengan kandungan retinol ini harus bersabar karena diperlukan waktu sampai berminggu-minggu untuk zat retinol ini untuk dapat memberikan pengaruh yang maksimal.

  3. Antioksidan
  4. Selain retinol, ada juga zat antioksidan pada krim wajah. Cara kerjanya juga sederhana yaitu menetralisir radikal bebas yang dapat merusak tubuh. Radikal bebas tersebut diantaranya seperti paparan sinar matahari, polusi udara, serta asap kendaraan. Keberadaan antioksidan sangat efektif untuk mendorong pertumbuhan sel dan juga memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

  5. AHA (Alpha Hidroxy Acid)
  6. Direkomendasikan untuk anda supaya memilih krim wajah yang memiliki kandungan AHA maksimal 8 persen. Keberadaan AHA dalam krim wajah ini bisa membantu pengelupasan kulit serta mendorong percepatan penggantian sel. Maka dengan adanya AHA ini kulit wajah anda akan nampak lebih muda. Anda perlu untuk menghindari produk dengan kandungan AHA yang lebih dari 8 persen. Dengan konsestrasinya yang inggi bisa membantu menghilangkan kerut halus pada wajah serta menyamarkan bintik-bintik, namun AHA dengan kandungan lebih dari 8 persen bisa menyebabkan kulit sangat sensitif ketika terkena sinar matahari.

  7. Avobenzone
  8. Avobenzone biasa ditemukan ada tabir surya. Keberadaannya berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UVA. Sedangkan untuk melindungi kulit dari sinar UVB, maka zat avobenzone ini dikombinasikan dengan zat oxybenzone serta benzophenone-3. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, maka oleskan tabir surya pada kulit wajah sebelum anda menggunakan pelembap serta bedak.

  9. Asam L-Askorbat
  10. Zat ini merupakan vitamin C yang memiliki peran sebagai antioksidan. Keberadaan asam L-Askorbat untuk membantu dalam pembentukan kolagen, meningkatkan elastisitas kulit, serta mengurangi peradangan.

  11. Asam Hialuronat
  12. Asam hialuronat ini memiliki sifat mengikat air di udara serta mengaplikasikannya pada dermis. Oleh karena nya, asam hialuronat ini mempunyai karakter melembapkan kulit. Selain itu, asam hialuronat juga mampu untuk mendorong pertumbuhan kolagen.

  13. Niasinamid
  14. Niasinamid merupakan turunan dari vitamin B3. Niasinamid memiliki fungsi untuk mencegah melanin atau pigmentasi yang bergerak ke permukaan kulit, sehingga bisa membantu untuk menyamarkan bekas jerawat, bintik-bintik hitam akibat pancaran matahari, serta penuaan. Selain itu, niasinamid juga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan lapisan lembap pelindung kulit, serta mengurangi peradangan pada kulit.

Tips Pendukung dalam Menggunakan Krim Wajah

Beberapa tips ini dapat mengoptimalkan pemanfaatan dari krim wajah antipenuaan.

  • Gunakan tabir surya minimal SPF 15 karena bias melindungi kulit anda dari pancaran sinar UVA serta UVB.
  • Gunakan pelembap walaupun pelembap ini tidak bisa mencegah kerutan halus, tetapi minimal dapat mencegah kulit dari kekeringan. Mengapa kulit yang kering harus dihindari? Karena kulit yang kering dapat membuat sel mudah rusak sehingga pada akhirnya bisa memicu timbulnya kerutan halus pada wajah.
  • Hindari terlalu lama berada di pancara sinar matahari secara langsung. Anda harus melindungi kulit Anda dari pancaran sinar matahari langsung. Kandungan sinar UV pada sinar matahari memiliki resiko untuk mempercepat pigmentasi yang tidak merata, proses penuaan, kulit kasar, serta keriput.
  • Hentikan kebiasaan buruk seperti merok*k sebab merok*k bisa merusak elastin, merusak kolagen, danserta dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah anda. Elastin merupakan serat yang mampu menjaga kelenturan kulit.
  • Apabila anda masih ragu dalam penggunaan krim wajah yang ada di pasaran, maka Anda bisa meminta saran dokter kulit dalam penggunaannya. Dokter akan menyarankan krim wajah yang tepat dengan kondisi serta jenis kulit Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

    Baca : manfaat jahe untuk kecantikan dan kesehatan

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *