obat luka
Kesehatan

Obat Luka Koreng Supaya Luka Tidak Infeksi

Koreng harus diobati sesuai dengan kondisi apa yang menyebabkan nya terluka. Obat koreng untuk luka ringan mauoun terjatuh biasanya telah tersedia dalam kotak P3K maupun kotak obat yang dijual bebas di apotek, sehingga Anda tidak sampai membutuhkan tindakan pengobatan di rumah sakit. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, obat koreng apa saja yang dapat Anda gunakan untuk mengobati luka supaya tidak meninggalkan bekas luka pada kulit? Simak penjelasan berikut ini.

obat luka
obat luka

Gunakan Obat Koreng supaya Tidak Infeksi serta Muncul Bekas Luka di Kulit

Untuk jenis luka yang tergolong masih ringan, maka anda bisa mencoba melakukan penanganan sendiri. Bagaimana caranya? Simak beberapa langkah penanganan yang dapat anda lakukan di rumah serta obat koreng yang dapat digunakan.

  • Segera bersihkan bagian yang terluka menggunaka air yang bersih serta sabun yang tidak iritatif seperti sabun bayi untuk menyingkirkan kotoran, pecahan, kuman, maupun serpihan benda asing.
  • Luka yang luas maupun nampak kotor wajib dan harus dibersihkan serta direkomendasikan untuk diobati menggunakan salep antibiotik supaya tidak terkena infeksi.
  • Coba oleskan petroleum jelly untuk menjaga kulit supaya tetap lembap, tidak gatal, tidak melebar, maupun lebih lama untuk sembuh.
  • Tutup bagian luka yang sudah dibersihkan serta diolesi mengunakan petroleum jelly dengan perban maupun perban khusus yang terbuat dari bahan gel silicon maupun hydrogel. Ganti lah perban setiap hari demi menjaga kebersihan luka.
  • Bisa juga coba oleskan tabir surya ketika luka sudah sembuh untuk mencegah kulit tidak berubah warna karena paparan sinar matahari. Anda bisa memilih tabir surya yang mengandung SPF dengan kadar SPF 30 maupun lebih tinggi serta oleskan ulang minimal setiap dua jam sekali.
  • Hindari dari terkena allergen, zat yang bisa menyebabkan alergi apabila Anda mempunyai alergi.
  • Jangan menggaruk-garuk koreng, walaupun kadang koreng sesudah luka bisa menimbulkan rasa gatal serta tidak jarang membuat Anda terpancing untuk menggaruk. Tetapi kebiasaan ini bisa membuat infeksi serta berakibat pada luka yang sulit untuk sembuh.
  • Apabila Anda ragu untuk merawat luka secara mandiri, maka berkonsultasilah dengan dokter yang mempunyai pengetahuan tentang medis yang memadai. Selalu ikuti instruksi penanganan luka dari dokter apabila Anda mempunyai luka yang harus dijahit. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *